ENERGI
Pengertian
Energi
Setiap
saat kita memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatan
sehari-hari. Agar tubuh kita selalu memiliki energi kita harus makan dan minum,
bagaimanakah jika kita tidak makan dan minum, tentu tubuh kita menjadi lemas.
Mampukah kita melakukan kegiatan jika badan kita lemas? tentu tidak karena
tubuh kita tidak mempunyai energi. Begitu pula apakah yang dapat menggerakkan
kelapa jatuh dari pohonya? atau mengapa mobil dapat bergerak, itu semua karena
energi. Jadi Energi adalah kemampuan
melakukan usaha/kegiatan
Satuan
energi dalam S1 yaitu Joule (J)
Satuan
energi yang lain adalah Kwh (kilo watt
hour), erg juga Kalori. 1 kalori = 4,2 joule
1
J = 1/4,2 kal → 1 J = 0,24 Kal (disebut tara kalor mekanik)
Bentuk-Bentuk
Energi
1. Energi mekanik terdiri dari energi potensial
dan energi mekanik
Energi Potensial yaitu Energi yang dimiliki benda pada suatu
kedudukan tertentu.
Energi Kinetik yaitu energi yang dimiliki benda karena
geraknya.
2. Energi Panas (Kalor)
Energi panas yang dimiliki benda timbul dari energi kinetik
partikel-partikel penyusun benda. Pada suhu makin tinggi, gerak
partikel-partikel makin cepat, sehingga energi panas makin besar.
3. Energi Kimia
Energi yang tersimpan dalam persenyawaan kimia. Energi kimia
dilepaskan jika zat bereaksi dengan oksigen (oksidasi).
4. Energi Listrik
Energi listrik terdapat di dalam arus listrik.
Energi listrik bisa berasal dari energi gerak (generator),
energi kimia (baterai) atau dari tenaga matahari (Solar cell).
Perubahan
bentuk energi
Energi tidak
dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah
dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Pada umumnya manfaat energi akan
terlihat setelah berubah bentuk menjadi energi yang lainnya. Misalnya energi
listrik setelah berubah menjadi energi cahaya atau lainnya. Untuk memahami
perubahan bentuk energi mari kita lakukan kegiatan ini.
Tujuan:
Memahami perubahan bentuk energi
Alat dan bahan:
Sebuah lampu 3 volt DC. Sakelar, baterai atau catu
daya, dan kabel secukupnya.
Cara kerja:
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Rangkaikan alat dan
bahan menjadi rangakaian seperti di samping.
3.
Tekan sklar apakah yang
terjadi pada lampu?
4.
Peganglah lampu. Apakah
yang kamu rasakan
Pertanyaan:
1.
Perubahan energi apa
sajakan yang terjadi pada peristiwa tersebut?
2.
Buatlah kesimpulan tentang
perubahan energi pada lampu!
3.
Buat lagi contoh
perubahan energi yang lainnya.
Sumber
energi dan Hukum Kekekalan energi
Sumber energi
dibumi ini adalah matahari, sedangkan sumber energi yang lain merupakan hasil
perubahan bentuk energi matahari (seperti minyak bumi, batubara dan gas bumi).
Begitu juga energi yang lain, misalnya angin, air terjun dan ombak. Pada
prinsipnya energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi hanya
mengalami perubahan bentuk. (Pernyataan inilah yang disebut Hukum Kekekalan
Energi).
Energi
Potensial
Telah kita
ketahui bahwa energi potensial gravitasi adalah energi akibat perbedaan
ketinggian. Apakah energi diakibatkan oleh ketinggian saja? Untuk mengetahuinya
perhatikan kegiatan ini!
1.
Tariklah sebuah karet
gelang oleh kedua tangan anda lalu lepaskan. Apa yang terjadi?
2.
Gantungkan sebuah beban
pada sebuah pegas atau tali karet. Tariklah beberapa cm ke bawah, lalu lepaskan
apa yang terjadi?
3.
Energi apakah yang
terkandung pada kegiatan di atas? Jelaskan pendapatmu dan diskusikan dengan
teman-temanmu.
Tujuan:
Mengetahui
besarnya enegri potensial gravitasi suatu benda
Alat dan bahan:
Kelereng kecil,
kelereng besar, dan plastisin
Cara kerja:
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Jatuhkan kelereng besar
dari ketinggian setengah meter tepat di atas plastisin. Amati bekas kelereng.
3.
Ulangi kegiatan di atas
dengan kelreng kecil dengan ketinggian yang sama, catat hasil percobaan anda,
bagaimana pengaruh massa
terhadap lengkukan yang dihasilkan. (kedalaman lengkukan =/anggap sebagai
energi potensial)
4.
Ulangi lagi kegiatan di
atas dengan kelereng besar namun dengan ketinggian berbeda, apakah kedalaman
lekukan sama besar? Jika tidak mana yang lebih dalam? analisa hubungan
ketinggian dengan besar energi potensial.
Pertanyaan:
1.
Manakah bekas kelereng
yang lebih dalam?
2.
Jika dalam lekukkan
kita asumsikan dengan energi potensial, maka manakah yang memiliki energi
potensial yang lebih besar?
3.
Tuliskan hubungan massa, ketinggian dan
energi potensial
|
Contoh Soal:
Sebuah benda 0,5
Kg berada pada ketinggian 4 m diatas tanah. Berapakah energi potensial benda
itu jika percepatan gravitasi 10 N/kg?
Penyelesaian:
|
h = 4 m
g = 10 N/kg
Ditanya: Ep = ………?
Energi
Kinetik
|
Contoh Soal:
Sebuah peluru
yang massanya 2 gr ditembakkan dengan kecepatan 50 m/s. hitunglah energi
kinetik yang dimiliki peluru itu!
|
Diketahui: m = 2 gr = 2 . 10 -3kg
v
= 50 m/s
Ditanya: EK =
…………?
USAHA
Dalam kehidupan
sehari-hari, usaha mempunyai arti yang luas, yaitu segala sesuatu yang
dikerjakan pada benda. Misalnya kuda menarik gerobak, dikatakan kuda melakukan
usaha. Apabila seorang anak mendorong dinding tembok kelas, dapatkah anak itu
dikatakan melakukan usaha? jelaskan, mengapa?
Usaha dapat
dihitung jika ada perpindahan jarak benda itu. Karena itulah usha diartikan
hasil kali gaya dengan jarak perpindahan
|
F = Gaya
S
= Jarak perpindahan
Contoh Soal:
Sebuah balok yang terletak diatas
meja yang licin ditarik dengan gaya
25N dan balok bergerak sejauh 40 cm. berapa usaha yang dilakukan untuk menarik
balok itu?
|
Diketahui: F = 25N
S = 40 cm = 0,4 m
Ditanya: W =
…………?
A.
Pilihlah satu jawaban
yang tepat!
1.
Sebuah mobil bergerak
setelah pengisian bensin. Pada kejadian itu terjadi perubahan.......
a.
energi potensial
menjadi energi kinetik
b.
energi kimia menjadi
gerak
c.
energi diam menjadi
energi gerak
d.
energi kalor menjadi
energi kinetik
2.
Satuan energi menurut SI adalah.......
a.
Joule c. Newton
b.
Kalori d. Kkal
3.
Setiap benda yang bergerak memiliki.......
a.
energi kinetik
b.
energi potensial dan
energi kinetik
c.
energi kalor dan energi
kinetik
d.
energi kimia dan energi
kinetik
4.
Pada strika listrik di samping jika dipakai menyetrika
akan terjadi perubahan.......
a.
energi kinetik menjadi
energi cahaya
b.
energi cahaya
menjadi energi listrik
c.
energi kalor menjadi
energi cahaya
d.
energi listrik menjadi
energi kalor.
5.
Ketika sebuah kelapa
jatuh dari pohonnya, terjadi perubahan.......
a.
energi kimia menjadi
energi kinetik
b.
energi kinetik menjadi
energi potensial
c.
energi potensial
menjadi energi kinetik
d.
energi
kinetik menjadi energi kalor.
6.
Ketika batu baterai digunakan untuk menyalakan lampu
pijar terjadi perubahan energi.......
a.
kimia → panas → cahaya c. listrik → panas → cahaya
b.
kimia → listrik →
cahaya d. listrik → kimia → cahaya
7.
Sebuah kelapa jatuh dari pohonnya setinggi 15 m. Energi
potensialnya adalah 300 J (g = 10 N/Kg). Massa
kelapa adalah.......
a.
1 kg c.
2 kg
b.
1,5 kg d.
2,5 kg
8.
Sebuah mobil dengan massa
2.000 kg melaju di jalan raya dengan kecepatan rata-rata 25 m/s. pada saat itu, energi kinetik
mobil adalah.......
a.
500. 000 J c.
1.250.000 J
b.
625.000 J d.
200.000 J
9.
Energi kinetik yang dimiliki oleh seorang pelari yang massanya
50 Kg dan kecepatannya 5 m/s adalah.......
a.
500 J c.
250 J
b.
525 J d.
625 J
10. Sebuah mobil dengan massa 1.000 kg melaju
dijalan raya. Bila energi kinetiknya
12.500 J Kecepatan rata-rata mobil
tersebut adalah.......
a.
25 m/s c.
5 m/s
b.
12,5 m/s d.
1,25 m/s
11. Dalam ilmu Fisika, usaha memiliki
arti jika.......
a.
gaya
dilakukan pada benda
b.
gaya
dilakukan pada benda sehingga benda itu berpindah
c.
gaya
dilakukan pada benda yang bergerak
d.
gaya
dilakukan terhadap benda diam.
12. Ali mendorong mobil yang mogok,
tetapi mebil itu tetap di tempatnya. Usaha yang dilakukan Ali adalah.......
a.
tetap c.
tidak habis-habisnya
b.
nol d.
maksimum
13. Sebuah gerobak didorong oleh seorang
anak dengan gaya
200N sehingga berpindah sejauh 10 meter. Usaha yang dilakukan anak tersebut
adalah.......
a.
1.000 J c.
20 KJ
b.
10 KJ d.
2.000 J
14. Sebuah peti 50 kg didorong oleh
seorang anak. Ketika tenaganya sudah banyak terkuras, peti itu telah bergeser
sejauh 30 cm usaha yang dilakukan anak tersebut adalah....... (g = 10 N/kg)
a.
15 J c.
1500 J
b.
150 J d.
2,5 J
15. Ali mengangkat sekantong beras yang
massanya25 kg ke atas sebuah meja setinggi 1 meter. Usaha yang dilakukan Ali
adalah.......
a.
250 J c.
2500 J
b.
25 J d.
2,5 J
16. Seorang anak memanjat pohon kelapa
yang tingginya 10 m. Jika massa
anak itu 45 kg, maka usaha yang dilakukannya adalah.......
a.
450 J c.
45 KJ
b.
45 J d. 4500 J
17. Usaha
yang dilakukan Joko untuk mengangkat sebuah benda seberat 100 N adalah 500 J.
benda itu berpindah sejauh.......
a.
50 m c.
5 m
b.
10 m d.
0,5 m
18. Didik
memindahkan sebuah benda sejauh 3 m dengan melakukan usaha sebesar 600 L. besar
gaya tersebut
adalah.......
a.
20 N c.
18 N
b.
180 N d.
200N
19. Dua buah gaya (F1= 25 N dan F2, = 25 N) yang arahnya
sama bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah sejauh 2 meter. Usaha
yang dilakukun kedua gaya
itu adalah.......
a.
75 J c.
100 J
b.
150 J d.
50 J
20. Dua buah gaya (F1 = 20N dan F2 = 30N) yang arahnya
berlawanan bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah sejauh I meter.
Usaha yang dilakukan oleh kedua gaya
itu adalah.......
a.
60 J c. 30 J
b.
10 J d. 20 J
B.
Kerjakan soal-soal di
bawah ini!
1.
Sepiring nasi dengan
lauk pauknya mengandung energi 1.500 kkal. Berapakah.energi sebanyak itu
dinyatakan dalam joule?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
2.
Berapakah energi potensial sebuah benda yang massanya 3
kg bila benda berada:
a.
10 m di atas tanah,
b.
4 m di atas tanah?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
3.
Sebuah benda yang
beratnya 10 N jatuh dari sebuah menara setinggi 20 m. Berapakah energi
potensial benda itu pada pertengahan menara?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
4.
Amin (40 kg) berjalan
dari rumah menuju sekolahnya selama 10 menit. Jarak rumah kesekolahnya selama
10 menit. Jarak rumah ke sekolahnya adalah 500 meter. Berapakah energi kinetik
si Amin bila ia berjalan dengan langkah yang tetap?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
5.
Energi kinetik yang
dimiliki seorang atlet pada saat mengendarai sepeda adalah 3.00 J. massa atlet dan sepeda
adalah 60 Kg. berapakah kecepatan atket tersebut saat mengendarai sepeda?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
6.
Apakah pengertian usaha
dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contohnya!
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
7.
Seorang anak mendorong
tembok rumahnya hingga tenaganya banyak yang terkuras. Menurut difenisi ilmu
Fisika. Apakah anak tersebut dikatakan usaha? Berikan jawaban dan alasanmu!
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
8.
Berapakah usaha yang
diperlukan untuk mengangkat sebuah ember berisi air 10 L dari atas lantai ke
atas sebuah meja yang tingginya 1 meter? Misalkan massa ember 400 g!
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
9.
Dua orang anak
mendorong sebuah meja bersama-sama sehingga meja berpindah sejauh 4 m. jika F1
= 50N dan F2 = 60N. berapakah usaha total yang dilakukan kedua anak tersebut?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
10. Tiga
orang anak (A,B dan C) menarik sebuah benda dengan arah sebagai berikut : A ke
kiri B dan C ke kanan.
a.
Kearah manakah benda
berpindah jika FA =500 N. FB =100 N dan FC =100 N?
b.
Berapakah usaha yang
dilakukan ketiga anak itu ke kiri dan ke kanan?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar